Mengenal Jenis Rokok Elektrik ( Vape ) Beserta Keunggulannya

April 26, 2021 by Tidak ada Komentar

Vape merupakan jenis rokok elektrik yang saat ini marak digunakan berbagai negara. Kehadiran berbagai jenis vape sebagai pengganti rokok tembakau ini merupakan hal yang cukup konvensional. Dan bahkan mulai bermunculan opini bahwa vape lebih aman ketimbang rokok tembakau.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis rokok elektrik atau vape. Ingin tahu apa saja? berikut daftarnya.

Cigalike

Tampilan vape yang satu ini memang terlihat seperti rokok konvensional pada umumnya. Namun Cigalike ini merupkan alat yang menggunakan closed system serta tertanam baterai yang bisa direcharger. Alat ini pun tidak bisa dibongkar. Bagian pemanasnya sajalah yang bisa dicabut atau cartomizer. Sebagai vape keluaran pertama, tentunya vape ini masih terbilang minim keunggulannya. Perhatikan saja dari tegangannya yang hanya 3,7 volt yang membuat rasa e-juicer tidak bisa keluar dengan maksimal. Dengan tegangan yang hanya 3,7 volt, tentunya Cigalike tidak bisa bertahan lama ketika digunakan.

Vape Pen

Generasi kedua dari jenis vape berikutnya adalah Vape pen. Dimana vape jenis ini telah menggunakan clearomizer yang mampu menampung e-juice serta memanaskannya tanpa perantara. Dengan bentuk yang menyerupai pena, tentunya vape jenis ini mampu menampung volume yang lebih besar dari generasi pertama. Dibalik keunggulan dari vape generasi kedua ini, terdapat kelemahan yang cukup signifikan, yaitu pada bagian pemanasnya. Dimana bagian tersebut dapat menghabiskan daya yang lebih besar. Jenis vape ini juga terdapat jeda dari aktivasi yang membuat penguapannya pun jauh lebih lama. Untuk menutupi kelemahannya tersebut, tegangan pada vape pen ini bisa diatur loh. Mulai dari 3 v hingga 6 v.

Mechanical Mod

Generasi vape selanjutnya hadir Mechanical Mod sebagai penyempurna dari jenis sebelumnya. Vape jenis ini telah menggunakan rebuildable atomizer dan mod terpisah. Sehingga membuat banyak orang lebih tertarik menggunakan jenis ini dan beranjak dari penggunaan vape jenis pen.

Atomizer pada vape generasi ketiga ini memiliki 3 jenis. Yaitu Rebuildable Dripping Atomizer (RDA),  Rebuildable Tank Atomizer (RTA) dan Rebuildable Dripping Tank Atomizer (RDTA). Ketiga jenis ini tentunya memiliki keunggulan masing – masing dan dapat kalian pih sesuai dengan selera masing – masing. Dibandingkan dengan jenis vape sebelumnya, Mechanical Mod menjadi jenis vape yang menggunakan system kelistrikan yang sederhana.

Namun kesederhanaan tersebut bukan tanpa kelemahan. Seperti yang kita ketahui bahwa vape jenis ini mengharuskan penggunanya melakukan penyetelan secara manual. Jika penggunanya melakukan keteledoran dalam penyetelan, maka alat ini dapat meledak. Oleh sebab itu jika kalian menggunakan alat ini, perhatikan betul mengenai penyetelannya agar tidak berdampak buruk untuk kalian ketika digunakan.

Regulated Mod

Masih mengadaptasi jenis sebelumnya yaitu Mechanical Mod, jenis vape Regulated Mod ini merujuk pada stelan volt yang bisa diatur sesuai dengan skala yang telah ditentukan pabrik pembuatannya. Pada jenis vape ini terdapat indicator baterai, tegangan, dan juga hambatan listrik. Cukup menggunakan tombol yang tersedia, microprocessor akan mengatur sesuai keinginan kalian. Untuk model terbaru jenis vape ini biasanya terdapat system yang akan membuat alat ini mati sejenak ketika vaporizer terlalu panas. Vape ini pun memiliki varian rasa yang cukup membuat penikmatnya merasa puas dan setia menggunakannya.

Pod

Vape jenis Pod ini bisa dibilang merupakan adaptasi Dari berbagi jenis vape yang telah lebih dulu hadir. Pod merupakan jenis vape yang memiliki dua bagian, yaitu baterai dan pod e-juice. Hadir dengan bentuk yang lebih kecil dari vape pen membuat jenis ini sangat praktis digunakan. Tidak seperti jenis vape pendahuluny, vape jenis ini menggunakan closed system sehingga penggunanya tidak bisa mengubah tegangan. Sumber daya yang digunakan pun cukup rendah sehingga aman digunakan.

Itulah berbagai jenis vape yang bisa kalian gunakan. Dengan rasa dan aroma yang menyegarkan dan enak, tentunya memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Diantara jenis vape diatas, jenis apa yang akan kalian beli?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *